Pemesanan Produk Oriflame :
Hubungi saya, NIKEN via SMS/Whatsapp Msg di 085643172023, Telp : 08885210403

Cara Order : SMS kan nama atau kode barang dan jumlah beserta alamat pengiriman. Jumlah total pembayaran termasuk ongkir akan diinformasikan.

Barang yang dipesan akan dikirim sesuai alamat yang anda berikan setelah melakukan transfer melalui rek BCA.

Harga berubah sesuai Katalog terbaru.

#KELUHAN TENTANG PEMAKAIAN PRODUK YANG DIBELI SELAINDAI BLOG, SILAHKAN DITUJUKAN KE COSTUMER CARE ORIFLAME CABANG TERDEKAT

Saturday, 19 May 2012

Mengapa harus punya blog?

Beberapa teman saya yang kebetulan punya bisnis online, entah itu baju, makanan, suplemen atau kosmetik bertanya, mengapa saya harus ribet punya blog padahal kan bisa jualan lewat Facebook, Twitter dan social media lainnya? Apalagi saya sudah di support oleh system online Oriflame yang canggih, bisa share atau link webnya di social media saya?
Oke deh, ini lah alasan saya mengapa saya punya blog.

Teman-teman, harap diketahui, saya memiliki blog sejak tahun 2007, itu artinya sudah hampir 5 tahun sampai kini, jauh sebelum saya join Oriflame akhir tahun 2009. Awal saya memiliki blog sebenarnya simple, ndak muluk2x untuk menghasilkan uang misalnya karena saya memang aslinya ndak punya bakat jualan sehingga 5 tahun yang lalu saya tidak berniat buka lapak eh blog buat jualan. Kebetulan sekali saya suka menulis cerpen dan puisi, dan berhubung saya capek ditolak media massa termasuk majalah remaja ecek2x, maka saya memutuskan untuk tetap menulis walaupun apa yang terjadi, bahkan ketika tidak ada seorangpun yang membaca saya akan tetap menulis. Jadi nulisnya buat apa dong? Buat terapi jiwa hahahaha..eh beneran, serius..saya bisa stress berat kalau ndak nulis. Sejak SD saya memang sudah hobi menulis diary, saya juga suka mendengarkan cerita atau curhatan teman.

Sampai akhirnya seorang teman di negeri seberang yang tahu banget kalau saya hobi menulis sejak SD, mengajari saya membuat blog via chatting, kebayang nggak sih trial and errornya saya mengikuti instruksi2x dia lewat chatting? Saya harus klik ini klik itu utk upload gambar, posting, merancang design dan template tapi akhirnya toh saya bisa membuat blog yang “gue banget”. Senangnya lagi, meski tahun 2007-2009 saya belum punya akun facebook atau Friendster waktu itu, tapi beberapa pengunjung blog yang meninggalkan komentar di blog saya kebanyakan pelajar Indonesia yang belajar di luar negeri. Gimana caranya? Kita saling mengunjungi blog. Teman saya yang diluar negeri merekomendasikan saya untuk membaca blog-blog orang lain yang bagus untuk meng-improve blog saya yang masih tampil standar, ketika saya meninggalkan komentar di blog orang tersebut, itu sama saja saya meninggalkan jejak dan orang tersebut balik mengunjungi blog saya. Begitu seterusnya. Promosinya bisa pula lewat MLM ( mulut ke mulut hehehe ) antar sesama blogger ( istilah utk orang2x yang hobi nulis di blog ), kebetulan saya dulu aktif di komunitas blogging Surabaya. Tahun-tahun itu saya belum punya laptop, jadi tiap weekend saya ngendon di warnet ( sampe yg punya hafal muka saya hahahaha )

Apalagi sekarang ketika saya punya akun Facebook, saya tinggal share linknya dan teman2x di akun facebook saya bisa mengunjungi blog saya. Ketika saya menjalankan bisnis Oriflame, maka blog saya pun akhirnya jadi lebih ‘berwarna’ tidak hanya sekedar upload cerita. Oleh Oriflame saya disupport katalog online dan oleh bossfamily saya bisa punya form pendaftaran member online. Siip kaan??? Sebentar lagi Oriflame juga akan punya fitur-fitur online yang lebih canggih.
Saya tidak lagi melulu menulis cerita atau puisi namun mulai belajar menulis resensi produk yang tentu lebih rumit karena harus didukung oleh data, fakta dan testimony (tapii..kalau menulis sudah menjadi hobi, sesulit apapun mencari data pasti ada aja jalan..thank you mbah google ;-) )

Nah, kembali ke pertanyaan di atas, mengapa kita perlu punya blog kalau kita memang berniat serius jualan online? Karena blog adalah toko online permanen kita. Blog juga bisa jadi personal branding ( pinjem istilahnya orang marketing ). Coba deh lihat perusahaan-perusahan besar, mereka pasti punya website, fanpage dan sebagainya. Kalau website bisa menjadi ‘halaman muka’ sebuah company profile, maka fanpage adalah sebuah tempat utk sharing cerita dan testimony produk bahkan bisa menjadi tempat kita curhat sebagai sesama pemakai produk.

Oke, kita bisa jualan via facebook, kita bisa upload foto produk yang kita tawarkan, kita bisa share link katalog online misalnya, tapiii..apa yang terjadi ketika teman-teman Facebook kita juga melakukan hal yang sama, selain menulis status yang kadang lucu-lucu ituu…juga jualan..yang ada jadinya postingan kita yang isinya foto produk akan terkubur oleh postingan2x teman kita. Sehingga pengunjung tidak focus dengan apa yang kita tawarkan. Untuk memasang foto produk lagi kita mungkin bisa tag atau upload orang, tapi coba deh diliat, ada beberapa teman yang tidak suka di tag barang dagangan atau…ribet kali ya kalo harus upload ulang gambarnya.

Satu lagi, sebenarnya ada kode etik tidak tertulis yang menyatakan bahwa kita sebaiknya menulis di wall sendiri atau upload di wall sendiri barang dagangan kita, tidak perlu tag ke orang lain kecuali sudah saling mengenal atau memang yang bersangkutan tidak keberatan bila kita tag foto.Dengan menulis di wall sendiri, sebenarnya teman-teman Facebook kita sudah bisa melihat apa yang kita upload.Kebayang nggak sih jengkelnya yg punya tembok rumah karena kita tempelin gambar dagangan kita?

Nah kalau blog? Kita hanya menggunakan social media yang kita punya sebagai sarana promosi ‘toko online’ kita. Sama halnya kita memasang iklan jitu di Koran atau yellow page. Yang kita iklankan adalah alamat toko dan barang apa yang kita jual. Selebihnya bila orang ingin mengetahui lebih jauh tentang macam item barangnya atau wujudnya, silahkan mengunjungi toko. Kelebihan memiliki toko online adalah anda tidak perlu sewa tempat, cukup membayar listrik dan pulsa internetnya saja, anda juga lebih mobile karena tidak harus melulu standby 24 jam jaga toko. Yang anda harus lakukan hanya duduk manis sambil ngopi misalnya, mengiklan di social media, menge-cek inbox message atau email atau HP anda bila ada sms dan telpon untuk memesan barang yang anda tawarkan.

Setiap kali pelanggan kita ingin melihat produk2x terbaru kita, dia tidak perlu scroll down di wall/profile facebook kita untuk menemukan gambar yang telah kita upload. Dia cukup ketik alamat blog kita, enter dan taraaa….masuklah dia ke toko online kita dan berdasarkan label entah itu fashion, suplemen, kosmetik orang akan memilih apa yang ingin dia lihat. So simple.
Bisnis online ini banyak dinikmati oleh kaum muda, mayoritas yang masih kuliahan untuk menambah uang saku. Juga ibu-ibu rumah tangga yang sehariannya sibuk mengurus suami dan anak,cukup meluangkan waktu 2-3 jam utk menjalankannya. Simple dan tidak terlalu banyak menyita waktu seperti ketika anda yang harus menjaga toko konvensional.
Namun utk bisa serius di bisnis online, anda harus memiliki gadgetnya. Misalnya Blackberry, Laptop dan modem, atau mungkin malah smartphone yg bisa support email dan akun social media.

Jadi..mengapa tidak dicoba saja? Membuka toko online anda dengan menulis di blog.

GO ENTERPRENEURSHIP!

No comments: