Pemesanan Produk Oriflame :
Hubungi saya, NIKEN via SMS/Whatsapp Msg di 085643172023, Telp : 08885210403

Cara Order : SMS kan nama atau kode barang dan jumlah beserta alamat pengiriman. Jumlah total pembayaran termasuk ongkir akan diinformasikan.

Barang yang dipesan akan dikirim sesuai alamat yang anda berikan setelah melakukan transfer melalui rek BCA.

Harga berubah sesuai Katalog terbaru.

#KELUHAN TENTANG PEMAKAIAN PRODUK YANG DIBELI SELAINDAI BLOG, SILAHKAN DITUJUKAN KE COSTUMER CARE ORIFLAME CABANG TERDEKAT

Friday 19 April 2013

Unik dari Jepang - Hari membuang sampah


Hari gajian? itu mah sudah lazim hehehehe..tapi tahukah anda kalo di Jepang hari membuang sampah sudah di jadwal, jadi dipinggir jalan tuh ndak ada berbagai macem sampah nunggu diambil truk pengangkut sampah.
Ini saya ambil contoh kalender untuk bulan April. Coba di cek, jangan sampai salah hari ya..menurut seorang teman yang udah lama tinggal di sini, kalo kita salah hari, misalnya waktunya buang sampah majalah tapi yang kita buang sampah botol plastik, nggak bakalan diambil, begitu pula sebaliknya.



Kalo di liat jadwalnya, sampah basah sisa makanan akan diambil setiap 2 hari sekali. Demikian pula untuk sampah majalah/buku bekas, kasur yang sudah rusak, peralatan dapur yang sudah karatan, barang2x berbahaya seperti baterai bekas, bola lampu bekas ada harinya tertentu. Khusus untuk bahan berbahaya seperti bateri bekas karena susah terurai dan bubuk baterainya beracun, harus dipisah dalam pengemasannya ya. jadi disni kita sedia tas plastik banyak untuk mengelompokkan sampah sesuai jenis dan harinya. Nah di hari2x yang sudah ditentukan, sampah tersebut akan diletakkan di dekat jalan atau depan rumah, nanti akan diambil oleh petugas pengumpul sampahnya.


Sepintas anda berpikir pasti ribet banget? Enggak juga kok,selama hampir 3 minggu disini saya mempraktekkannya dan enjoy aja tuh. Wong tinggal memisahkan aja. Kalo kebiasan saya di Indonesia sih, sampah basah sisa makanan biasanya saya buang dibawah pohon buat pupuk. Kalau di Jepang, sampah basah dan plastik yang dapat dihancurkan biasanya termasuk sampah burnable, artinya, akan dibakar. Seperti sisa nasi atau sayur atau kulit buah. Sampah plastik bekas botol minuman, majalah dan buku bekas juga saya pisahin karena bisa saya berikan gratis ke pemulung.

Jadi ndak ada yang ribet deh yaa...dibikin simple aja heheheh...

1 comment:

Bussines Web Blog said...

Kalo begitu sampah yang ada di Jepang bisa dijadikan bisnis daur ulang gk gan ? kalo sampah yang berbau elektronik gitu apa juga ada pembagian waktunya juga ?