Pemesanan Produk Oriflame :
Hubungi saya, NIKEN via SMS/Whatsapp Msg di 085643172023, Telp : 08885210403

Cara Order : SMS kan nama atau kode barang dan jumlah beserta alamat pengiriman. Jumlah total pembayaran termasuk ongkir akan diinformasikan.

Barang yang dipesan akan dikirim sesuai alamat yang anda berikan setelah melakukan transfer melalui rek BCA.

Harga berubah sesuai Katalog terbaru.

#KELUHAN TENTANG PEMAKAIAN PRODUK YANG DIBELI SELAINDAI BLOG, SILAHKAN DITUJUKAN KE COSTUMER CARE ORIFLAME CABANG TERDEKAT

Thursday 16 August 2012

Tips berbisnis dengan modal kecil# membangun jaringan/koneksi

Beberapa teman saya pernah berkata,ingin sekali punya bisnis sendiri namun selalu terbentur masalah klasik, modal uang. Oke, setiap bisnis pasti membutuhkan modal, banyak sedikit pasti tergantung bisnis yang dipilih dan bagaimana kita menyiasatinya. Ada yang memilih untuk menabung dulu sambil mencari-cari peluang bisnis apa yang ingin dilakoni selepas kerja nanti atau sambil masih kerja kantoran. Ada yang memilih untuk berhutang dengan jaminan dan bersungguh-sungguh menjalankan bisnisnya karena modalnya berasal dari hutang ( kata teman, hutang itu sumber semangat hehehehe..). Namun buat anda yang tidak berani berhutang sekaligus masih belum bisa menyisihkan uang untuk modal, sebenarnya ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal usaha dan menjalankan bisnis anda dengan segera. Diantaranya adalah :

1. Menggunakan modal dari orang lain
Maksudnya? Anda menungkin tidak mempunyai sepeserpun modal uang, namun anda punya kemampuan untuk menjual, relasi anda banyak atau biasa online dengan sosial media. Anda dapat membantu teman anda yang telah memiliki bisnis untuk menjualkan barang dagangannya dan anda menerima imbalan bagi hasil dari keuntungan anda menjualkan barang tersebut. besarannya tentu saja tergantung hasil negosiasi anda dengan sang teman, biasanya minimal anda mendapatkan 5% dari harga jual.Nah keuntungan dari penjualan tersebut dapat anda tabung hingga cukup untuk anda membuka usaha sendiri, anda dapat memilih menjadi partner sang teman atau membuka usaha baru yang benar-benar anda inginkan.

2. Memaksimalkan Connetion Power ( jaringan/relasi )
Mungkin anda sekarang memiliki sedikit uang yang dapat digunakan sebagai modal, namun relasi dan kawan anda banyak, entah itu teman sekolah sejak SD hingga kini bekerja, relasi dari kerabat dan keluarga dan sebagainya. Modal jaringan/relasi sebenarnya jauh lebih penting dibandingkan dengan uang. Karena dengan memiliki banyak relasi dapat diartikan telah memiliki banyak calon pelanggan atau konsumen pada saat kita ingin membangun sebuah bisnis. Bandingkan dengan bila anda memiliki modal uang banyak, namun anda tidak memiliki relasi sama sekali, akan sangat berat karena anda harus mengeluarkan biaya promosi lebih dari biasanya untuk mengiklankan bisnis atau usaha anda.
Bagimana cara memanfaatkan connection power? Yang pertama anda harus lakukan adalah, kenali potensi anda. Jangan pernah anda membangun sebuah usaha atau bisnis diluar minat anda atau karena terpaksa. Karena saya melihat, orang-orang yang sukses dibidang wira usaha adalah ketika mereka telah menemukan minat pada sesuatu dan melihat peluang untuk menjadikannya uang atau penghasilan diluar gaji kantor. Jadikan bisnis anda adalah hobi yang menyenangkan sehingga anda dapat menikmati usaha anda. Misalnya anda punya bakat memasak, membuat ikan bakar yang matangnya pas dan bumbu spesial yang mungkin rasanya `tidak pasaran`, maka anda sudah dapat membuat perencanaan, anda bisa membuka rumah makan atau sementara sambil mencari lokasi, anda bisa membuka di rumah sendiri dan menerima pesanan.
Atau seperti saya, yang punya hobi menulis di blog dan member Oriflame, mulai belajar dan mencari artikel tentang kecantikan dan kesehatan dan menulis resensi produk-produk Oriflame serta testimoni para pemakai produknya, menggabungkan antara bisnis dan hobi.
Selanjutnya dengan uang anda mungkin hasil dari menyisihkan gaji, menyisihkan THR lebaran atau bonus tahunan, anda mulai membuat anggaran apa saja yang anda perlukan untuk menjalankan bisnis rumah makan ikan bakar anda tadi.
Berikutnya anda mulai membuat daftar nama 20 orang relasi anda yang paling dekat untuk mencicipi ikan bakar kreasi rumah makan anda sendiri. Pada saat anda mengirimkan `tester` ikan bakar tadi, anda sisipkan informasi pembukaan rumah makan anda dilengkapi pula dengan penjelasan bahwa tujuan pengiriman adalah untuk mengenalkan produk anda dan meminta masukan tentang rasa masakan anda, barangkali ada yang kurang atau ditambah? Anda dapat memberikan harga diskon atau lebih murah dari kompetitor selama masa promo yang telah anda tetapkan.

Sama ketika saya menjalankan bisnis Oriflame saya, saya membuat minimal 20 orang di daftar nama yang kemudian saya berikan katalog sambil saya tunjukkan produk-produk yang sedang promo atau diskon bulan itu, sambil memberikan janji pelayanan dan pengiriman terbaik, tepat waktu sesuai yang pelanggan minta, bahkan bila perlu saya minta mereka mencoba beberapa tester produk seperti lipstik atau parfum dan meminta komentar atau masukan dari 20 orang tersebut. Di luar dugaan dari 20 orang tersebut kemudian berkembang menjadi meluas karena saya meminta referensi nama dari mereka, bayangkan bila 20 orang tersebut masing-masing dapat memberikan 20 nama baru entah itu saudara, teman dan sebagainya. Inilah yang disebut sebagai connection power atau kekuatan relasi.

Setelah anda mengirimkan tester masakan tersebut, maka perlu tindak lanjut dengan berkunjung atau menelpon para relasi yang telah mencicipi masakan anda untuk menanyakan saran dari yang bersangkutan sehingga terjadi komnunikasi 2 arah antara penjual dan pembeli. Mungkin anda berpikiran bahwa relasi anda telah menjadi korban penodongan anda :-)) namun yakinlah bahwa para relasi anda tidak akan keberatan dan justru merasa terhormat karena diposisikan sebagai orang yang memiliki cita rasa tinggi hingga layak terpilih untuk dimintai petunjuk ( disini kemampuan anda berkomunikasi dan inter personal skill anda teruji ). Bila ikan bakar anda memang enak maka sebagian orang yang minta untuk mencoba dapat menjadi pelanggan tetap anda. Bila aktifitas `membakar ikan` di rumah makan anda dilakukan terus menerus, rumah makan anda akan tampak semarak dan mengundang masyarakat untuk berkunjung. Dengan berjalannya waktu, bisnis rumah makan ikan bakar anda akan makin dikenal dan jumlah pelanggan setia anda meningkat.
Ini merupakan contoh sederhana sukses membangun bisnis dengan menggunakan the power of connection atau kekuatan jaringan atau relasi.
Bagi para pegawai atau karyawan yang memiliki keinginan untuk berwirausaha, lebih baik mulai sekarang anda menambah jumlah relasi karena itu sangat berguna bagi anda.Menjalin hubungan baik atau membangun koneksi juga bukanlah hal yang sulit dilakukan. kalau ada yang mengatakan silahturahmi memperbanyak rejeki, itu memang benar adanya.

jadi...anda ingin segera memulai bisnis yang telah anda rencanakan sebelumnya?

atau anda menyukai tulisan diatas dan ingin berkomentar? silahkan posting komentar anda. Terima kasih

peluang bisnis kecil

No comments: