Pemesanan Produk Oriflame :
Hubungi saya, NIKEN via SMS/Whatsapp Msg di 085643172023, Telp : 08885210403

Cara Order : SMS kan nama atau kode barang dan jumlah beserta alamat pengiriman. Jumlah total pembayaran termasuk ongkir akan diinformasikan.

Barang yang dipesan akan dikirim sesuai alamat yang anda berikan setelah melakukan transfer melalui rek BCA.

Harga berubah sesuai Katalog terbaru.

#KELUHAN TENTANG PEMAKAIAN PRODUK YANG DIBELI SELAINDAI BLOG, SILAHKAN DITUJUKAN KE COSTUMER CARE ORIFLAME CABANG TERDEKAT

Saturday 1 September 2012

Teknik menjual produk dengan pendekatan psikologi

gambar diambil dari invokeselling.com

Sudah hampir 2 tahun lebih, sejak saya bergabung bersama MLM Oriflame, dimulai dari kegiatan menjual produknya hingga kini dan mengajak orang menjadi member agar mendapatkan keuntungan-keuntungan yang seperti saya dapat, saya banyak belajar tentang bagaimana menjual, karena saya akui di keluarga saya tidak ada seorang pun yang berprofesi sebagai pebisnis atau penjual dan saya sendiri merasa tidak punya bakat menjual. Namun sejalan dengan didapatnya pengalaman dari trial and error saat melakukan kegiatan penjualan serta belajar dari internet, maka saya memberanikan diri menuliskan pengalaman saya dalam menjual produk Oriflame.

Suatu ketika saya menemukan sebuah artikel yang menulis tentang bagaimana menjual dengan menggunakan pendekatan psikologi, artinya kita diharapkan untuk memahami keinginan calon pembeli. Kita bukan vending machine yang bisu, yang cuma bisa mengeluarkan barang ketika uang dimasukkan, oarng ingin membeli ketika membutuhkan barang yang kita pajang tanpa kita jelaskan apa kegunaan, efek samping, menangani komplain dan sebagainya.

Ini adalah tips-tips, bagaimana anda dapat sukses menjual produk anda. Berasal dari berbagai sumber yang saya rangkum menjadi satu, digabung dengan beberapa pengalaman pribadi saya. Semoga bermanfaat.

1. Orang- orang seringkali membeli sesuatu hanya berdasarkan perasaan, kebutuhan atau emosi bahkan tanpa petimbangan logika sekalipun, karena itu ketika anda menawarkan barang atau produk, temukan ‘hot button’ dari perasaan atau emosi calon pembeli, apakah dia akan menyukai parfum yang anda tawarkan karena baunya memang sesuai dengan seleranya, moodnya atau kepribadiannya atau karena dia memang membutuhkan sesuatu yang berbeda atau karena demi gengsi dan kualitas karena yang dia beli adalah parfum tidak sekedar eu de toillete ?


2. Namun ada pula jenis orang yang bila akan membeli sesuatu harus berdasarkan fakta. Misalnya ketika anda menawarkan day/night cream yang sedang diskon dan memiliki khasiat tertentu, maka anda harus menjelaskan kandungan bahannya, bagimana cara pemakaiannya, apa manfaatnya dan sebagainya. Baru kemudian dia akan memutuskan untuk membelinya. Lebih bagus lagi bila anda dapat memperlihatkan testimony orang lain yang telah merasakan manfaatnya. Misalnya ketika saya sudah membuktikan manfaat Grape Antioxidant Day cream sebagai pelembab harian saya yang membuat kulit muka saya halus dan bintik hitam berkurang, maka mudah bagi saya untuk menjual produk tersebut. Terbukti sudah dua orang yang menjadi pelanggan saya utk pembelian barang tersebut. Terutama karena produk ini harganya relative terjangkau.

3. Secara naluriah, setiap orang adalah egocentric, suka menjadi pusat perhatian dan suka dipuji. Hal yang paling dibutuhkan oleh orang-orang egocentric ini adalah produk yang dapat meningkatkan confident atau rasa percaya dirinya sehingga makin menjadi pusat perhatian orang. Untuk produk-produk kosmetik dapat anda tawarkan seperti lipstick yang membuat bibir tipisnya indah menawan atau eyeliner yang dapat membuat kelopak matanya agak besar, parfum yang baunya segar dan lembut atau maskulin untuk laki-laki dan sebagainya. Temukan kelebihan dalam diri calon pembeli anda, puji kelebihan tersebut dan tawarkan produk yang pas yang makin menunjang rasa percaya diri dan penampilannya.

4. Orang-orang mencari nilai/value dari barang tersebut.
Tidak peduli berapa harganya, karena dia memang benar2x membutuhkan barang tersebut . Anda harus benar-benar mendemonstrasikan manfaat dari barang tersebut dan memang benar-benar bernilai sehingga dia tidak akan rugi membayar mahal barang yang anda tawarkan.

5. Orang lebih mengingat hal-hal yang kerkenaan dengan orang.
Otak manusia bukan computer, kalkulator atau mesin. Ilmuwan menyatakan bahwa orang lebih mengingat hal-hal yang kerkenaan dengan kehidupan social orang lain daripada angka. Orang akan lebih mengingat nama dan ciri khas orang, kalimat-kalimat testimony, pujian, cerita, dan foto yang dapat memuaskan customer. Kalau anda menjual rumah, maka selain anda menjelaskan fasilitas-fasilitas dan kelebihannya termasuk dekat dengan akses jalan raya atau rumah sakit misalnya, maka anda harus melengkapinya dengan foto rumah tersebut tentunya. Sama ketika anda menjual produk kosmetik, selain tester produk, anda bisa menceritakan testimony orang lain yang telah menggunakan produk tersebut.

6. Anda tidak bisa memaksa orang utk melakukan sesuatu.
Ketika orang membeli produk yang anda tawarkan, ini bukan semata2x karena anda memiliki kekuatan ajaib yang mampu menggerakkan mereka untuk membeli. Anda mungkin bisa berargumentasi, bahkan memaksa seseorang , tapi yang pasti orang hanya ingin melakukan apa yang mereka inginkan atau membeli apa yang mereka butuhkan. Ini artinya tugas anda untuk menunjukkan bahwa yang anda tawarkan sesuai dengan yang mereka butuhkan.
Misalnya anda bertemu dengan orang yang sedang membutuhkan lipstick. Di Oriflame sendiri banyak jenis lipstick dengan beragam warna, kandungan bahan dan tentu saja harga.
Anda tidak dapat serta merta memaksa seseorang utk membeli lipstick Giordani walaupun sedang diskon. Tanyakan warna apakah yang mereka butuhkan, apakah membutuhkan lipstick glossy dengan harga terjangkau atau lipstick matte dengan kualitas premium seperti Giordani?

7. Orang-orang suka membeli
Beberapa orang suka membeli karena mereka menyukai mencoba produk-produk baru dan tentu semua orang tidak ingin dicurangi. Ini yang harus anda lakukan untuk mengubah analogi dalam dunia marketing. Daripada ‘menjual’ kepada orang, cobalah untuk membantu mereka memilih produk yang mereka butuhkan. Jual-lah produk yang bagus, buatlah penawaran yang menarik dan perlakukan orang dengan adil. Ini adalah formula sukses dalam menjual.

8. Orang-orang mudah berprasangka.
Kebanyakan orang selalu berprasangka dan bersikap skeptic/kaku dalam setiap penawaran, ini wajar karena alasan mereka bersikap demikian karena ingin menghindari resiko.
Ketika anda menawarkan produk kosmetik perawatan tubuh atau wajah mereka pasti akan bertanya-tanya apakah produk tersebut aman utk tubuh dan wajahnya? Jangan-jangan tidak cocok padahal sudah terlanjur membeli mahal. Maka sebagai penjual untuk menghindari prasangka-prasangka semacam itu adalah mengumpulkan bukti, testimony, hasil survey, bahkan bila perlu pengesahan dari lembaga yang memiliki autoritas seperti BPOM, hasil test dan data ilmiah lainnya.
Saya sendiri selalu mengikuti perkembangan para customer saya yang menggunakan produk2x SKINCARE dari Oriflame, setelah beberapa saat pemakaian saya akan menanyakan apakah mereka mendapatkan efek samping? Perubahan yang significant ke penampilan wajah yang lebih baik dan sebagainya. Dari situ saya kemudian dapat menulis testimony dan resensi produk. Komunikasi dengan customer secara intens dan menganggap mereka sebagai sahabat adalah trik lain untuk menarik pembelian lain yang lebih banyak. Karena apabila mereka merasa puas dengan apa yang mereka beli dari saya, mereka akan mau mencoba produk yang lain.

9. Orang-orang selalu mencari sesuatu.
Cinta.Kekayaan.Kejayaan.Kenyamanan. Keamanan.
Orang-orang secara alamiah merasa tidak puas dan seringkali menghabiskan hidup mereka utk mencari hal2x yang tidak nyata.
Pastikan anda menawarkan produk yang dapat memenuhi pemenuhan kebutuhan mereka atas 5 poin di atas.

10. Orang membeli secara langsung karena alasan kenyamanan dan merasa eksklusif.
Berikan pelayanan eksklusif yang tidak dapat pembeli peroleh dari tempat lain. Barangkali anda pernah berpendapat bahwa penjual produk Oriflame sudah sangat banyak dan anda tidak yakin bahwa anda akan berhasil menjual produk Oriflame, namun bila anda bisa menjadi berbeda dengan penjual lainnya, maka anda akan banyak dicari orang untuk membeli produk dari anda. Delivery yang tepat waktu, melayani banyak pertanyaan pelanggan dengan baik dan sabar walau akhirnya dia tidak jadi membeli merupakan salah satu tips bersaing dengan penjual lainnya.

11. Orang suka melihat, mendengar, menyentuh merasakan atau membauinya sebelum memutuskan untuk membeli.
Beberapa orang tidak pernah membeli secara online karena mereka tidak dapat memeriksa barangnya sebelum membayar. Beberapa item seperti buku atau CD sangat familiar dan dapat dijual secara online dengan mudah karena hanya sedikit keraguan tentang kualitasnya secara fisik.
Namun bila anda berjualan baju, makanan atau kosmetik secara online maka seringkali yang terjadi adalah calon membeli meminta untuk mencoba dulu barang yang anda tawarkan.
Bila mengirimkan tester makanan atau kosmetik tidak memungkinkan bagi anda, maka anda harus benar-benar dapat menjelaskan secara detail kandungan bahan, kegunaan dan cara pemakaian.

Apabila anda menyukai atau ingin menambahkan tips lain, silahkan posting komentar anda, terima kasih.

No comments: